Aksesoris HP

VIVAN Powerbank

Hippo Power

Tracking Pengiriman

Tracking Pengiriman

Cara Memilih Powerbank

POWERBANK / Portabe Charger / Emergency Charger 

Seiring berkembangnya Gadget berupa Smart Phone maupun Tablet yang didukung Processor berkecepatan tinggi dan Graphic High Definition, sehingga menyebabkan Gadget menjadi haus akan Batrai.

Didukung pemakainya yang semakin agressif, maka hadirnya Powerbank maupun Portable Charger sangat dibutuhkan oleh para pencinta Gadgeters maupun orang biasa yang mungkin hanya mempunyai 1 buah Blackberry.
Misalnya seseorang mempunyai 1 buah Blackberry Bellagio. Dalam 1 hari pemakaian normal (sekitar 8-10 jam) biasanya akan mengalami pengisian sebanyak 2 kali. Bisa dibayangkan apabila pemakainya benar2 Autis :) mungkin bisa 3x atau lebih dalam 1 hari.


Lalu bagaimana cara kita memilih Powerbank yg cocok?


1. Berapa macam GADGET
Ini penting, karena tidak semua Powerbank bisa mengisi ulang semua jenis Gatget. Umumnya untuk mengisi HP maupun Smart Phone biasa hanya membutuhkan Arus sebesar 500-600mAh. Tetapi apabila anda juga mempunyai TABET seperti iPad, tentu anda harus membeli Powerbank dengan Output minimal 1.5A.
Perhitungkan pula konektor yang diberikan oleh produsen Powerbank. Tetapi dalam hal ini tidak terlalu penting, karena banyak Kabel Set maupun Kabel tambahan yang dijual dipasaran.


2. KAPASITAS
Pilihlah kapasitas yang sesuai dengan aktifitas anda serta seberapa boros Gadget anda dan berapa macam Gadget yang mau anda isi ulang. Apabila anda memiliki sebuah BB dan Tablet, tentunya anda harus memilih yang kapasitasnya diatas 4000mAh.
Perlu diingat bahwa batrai iPad memiliki kapasitas sebesar 18000mAh. Jadi janganlah berambisi untuk mengisi penuh iPad anda.

3. UKURAN Fisik Powerbank
Makin besar kapasitas powerbank bukan hanya semakin mahal harganya, tetapi ukurannya pun akan semakin besar. Meski anda mampu membeli powerbank berkapasitas besar, apakah anda nyaman dengan ukuran dan beratnya?

-------------------------------------------------------------------------------

Cara singkat menghitung kemampuaan Powerbank:

Saya ambil contoh sebuah powerbank berkapasitas 5600mAh
Secara Teori sebuah powerbank berkapasitas 5600mAh akan mampu mengisi 4 kali lebih Batrai Blackberry yang berkapasitas 1280mAh (5600:1280 = 4.3) tetapi pada kenyataannya kog hanya 2 kali, bahkan kurang.
Saya tidak akan membahas secara teknis, tapi akan saya uraikan secara singkat supaya anda tidak binggung.
Ada 2 hal yang menyebabkan hal itu:

1. Powerbank pada kenyataannya memiliki tegangan batrai sebesar 3.6V - 3.7V, sedangkan untuk mengisi sebuah Gadget (BB, ipad, Tab) memerlukan tegangan sebesar 5V. Jadi dalam hal ini ada rangkaian step-up untuk menaikan tegangan dari 3.7V ke 5V. Proses ini akan mengalami kerugian sekitar 30% dari total kapasitas, dikarenakan perhitungan daya dan panas yang dihasilkan rangkaian inverter didalam powerbank.

2. Pada waktu melakukan pengisian batrai pada gadget anda, itu melewati rangkaian supply / regulator. Jadi output powerbank itu tidak langsung menuju batrai, tetapi melalui rangkaian didalam gadget anda.
Apabila anda melakukan pengisian batrai BB, tetapi BB nya sambil dipakai nelpon / chat dan browsing, tentu akan lebih membebani Powerbank tersebut. Secara kasar hal ini menyebabkan kerugian 10%-20%

Jadi dari kedua hal tersebut bisa kita perkirakan secara kasar kapasitas powerbank yg anda butuhkan. Apabila anda mau yg bisa mengisi 2x batrai BB Bellagio yg berkapasitas 1280mAh, tentu anda harus membeli Powerbank berkapasitas minimal 5000mAh.

NB: Perhitungan berdasarkan kondisi batrai baru, bukan batrai ngedrop